Kiat Traveling Murah untuk Menjelajah Dunia

Kiat Traveling Murah untuk Menjelajah Dunia

Selasa, 09 Oktober 2018
Admin
Kiat Traveling Murah untuk Menjelajah Dunia

                                                         Kiat-Kiat Traveling Murah Biar Kamu Makin Luas Menjelajah Dunia

Mengelilingi dunia memang bisa mahal, tapi orang yang senantiasa traveling dan menyatakan bahwa jalan-jalan ke negara lain itu sebenarnya tidak mahal, ya mereka tidak berbohong. Aku pernah mengunjungi 44 negara dan 31 negara bagian di AS dengan gaji penulis dan editor freelance. Aku menulis artikel ini di pesawat ke Hong Kong, dan itu membuktikan aku belum kehabisan uang.

Menghemat uang membuat aku senang banget. Ketika aku mempelajari cara naik Megabus dari New York ke Boston dengan harga $50 untuk perjalanan pulang-pergi (dibandingkan US$250 untuk tiket pesawat), semingguan aku sombong. Aku mengikuti semua trik-trik yang jelas: terbang saat off-season, memanfaatkan notifikasi penerbangan dari Hopper, membuat booking dengan fitur flex month-nya Kayak, tinggal di Airbnb, mengumpulkan makanan gratis, dan jalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Namun ada trik-trik yang aku pelajari hanya setelah bertahun-tahun traveling. Simak trik favoritku:

 1.      Lakukan perjalanan overnight (secara nyaman)

Melakukan perjalanan pada malam hari ada untungnya: tidak perlu membuang hari cuti dan bisa tidur gratis. Semalam sebelum hari natal aku naik bus malam dari ibukota Paraguay ke Iguazu Falls di Argentina. Aku sampai di situ tepat waktu untuk menghabiskan hari natal bersama keluargaku di Amerika Selatan. Rahasianya adalah untuk bersiap-siap untuk tidur sebelum naik ke bus (sikat gigi, cuci muka, memakai baju tidur yang layak dipakai di tempat umum), lalu memakai tutupan mata dan ear plug. Kalau perlu, bawa obat tidur.

Total penghematan: satu hari penuh untuk bertamasya dan ongkos penginapan maksimal Rp5,3 juta.

2.      Terbang dengan airline budget lokal

Ada ratusan airline budget yang tiketnya biasanya jauh lebih murah saat di-booking secara direct. Allegiant Air menawarkan tiket satu arah dari San Fransisco ke Las Vegas dengan harga Rp500 ribu. Dengan Ryanair bisa terbang dari Paris ke Prague dengan harga Rp228 ribu.

Maskapai-maskapai budget ini bisa mematok harga rendah karena mereka meminta penumpang membayar semua servis mereka, dari mulai mencetak boarding pass hingga proses pemilihan/pemindahan tempat duduk. Ada baiknya kalian membuka tautan ini di Wikipedia. Isinya sangat berfaedah loh: daftar semua maskapai murah yang bisa kalian gunakan untuk sampai ke kota yang kita tuju. Cara lainnya adalah dengan “bertanya” pada Google mengenai maskapai budget sesuai dengan rute yang kalian tempuh. Oh ya satu lagi, biaya perjalanan juga bisa ditekan dengan memesan tiket jauh-jauh hari dan mewaspadai kapan web-web penyedia layanan pemesanan tiket perjalanan menggelar promo (siap-siap begadang ya, kadang promonya digelar tengah malam).Total penghematan: sekitar Rp3 juta rupiah.

3.      Selalu Manfaatkan Fasilitas Tur Kota Gratisan

Salah satu hal yang paling menyenangkan begitu kalian sampai di sebuah kota baru adalah belajar sejarah dan budayanya. Cuma jangan sekali-kali melakukannya dengan memanfaatkan sistem transportasi biasa. Dompet kalian bisa tekor. Selalu gunakan fasilitas tur kota gratis. Sandeman misalnya menyediakan tur gratis di 20 kota besar di dunia. Sementara itu, FreeTour.com bisa dijumpai di 118 negara. Jika negara atau kota yang kalian kunjungi tak dilayani oleh dua perusahaan keren ini, gunakan Google atau tanya hostel atau hotel tempat kalian menginap. Kalau mentok, cari information desk. Jangan lupa, kalau kalian diajak muter-muter kota dengan pemandu khusus, sisihkan uangmu untuk memberi mereka sejumlah tips.

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia