Manfaat Wisata

Manfaat Wisata

Jum'at, 18 Oktober 2019
Admin
Manfaat Wisata

Bicara tentang tempat wisata, Indonesia mungkin merupakan negara yang paling banyak tempat wisatanya. Bagaimana tidak, dari Sabang sampai Merauke banyak betebaran tempat-tempat wisata yang indah. Destinasi ini meliputi wisata alam, kuliner, religi, bahari, pendidikan, sejarah dan masih banyak lagi. Mungkin dari banyaknya macam wisata tersebut, sebagian masih terdengar asing. Namun, untuk wisata alamnya sendiri Indonesia memiliki berjuta keragaman yang tidak diragukan lagi di mata dunia. Terbukti dengan dijadikannya Bali sebagai objek wisata nomor satu  terbaik dunia menurut TripAdvisor.

Selain dari faktor geografis, adanya tempat-tempat wisata di Indonesia ini tidak pernah luput oleh bantuan pemerintah dalam pengembangannya dan peran serta masyarakat setempat. Hal ini juga didukung dengan adanya sumber daya manusia yang mumpuni atau ahli dibidangnya. Salah satunya adalah di bidang ilmu pariwisata yang diatur dalam Undang-undang No. 9 Tahun 1990 tentang  Kepariwisataan "Segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata termasuk semua penyelenggaraan kegiatan periwisata".

Di era saat ini, sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi telah banyak yang membuka prodi atau jurusan yang bersangkutan dengan dunia pariwisata. Jadi, seberapa penting pariwisata untuk keseharian dan dalam lingkup negara ? Apa sajakah manfaat dari berwisata itu sendiri ?

Pariwisata memberikan manfaat bagi setiap manusia untuk melepas penat dalam aktifitas sehari-hari karena pariwisata dapat menyegarkan pikiran. Wisata juga bisa memberikan kita kesadaran untuk senantiasa bersyukur dan positive thinking. Selain itu melakukan perjalanan wisata juga menjadi salah satu kiat yang bisa kamu lakukan untuk kehidupan yang lebih bahagia dan menyenangkan.


Lalu bagaimana dan mengapa wisata bisa membuat hidupmu lebih bahagia? Berikut akan kami jabarkan alasan-alasannya yang perlu kamu ketahui :

img-1571373935.jpg
Memiliki jiwa sosial dan interaksi sosial yang lebih

Selama melakukan perjalanan atau sebuah wisata maupun piknik, kamu akan menemui banyak hal selama diperjalanan. Kamu akan belajar untuk berteman baik dengan orang asing dan mendapatkan kenyamanan lebih saat berbicara dengan orang-orang baru. Hal demikian banyak diakui oleh mereka yang introvert dalam melakukan sebuah perjalanan atau wisata pertama kalinya, bahwa mereka merasakan sebuah perubahan ke arah yang jauh lebih baik. traveler atau wisatawan akan dengan senang hati berbicara dengan orang asing seperti layaknya sudah berteman baik selama bertahun-tahun.

img-1571373978.jpgKomunikasi menjadi lebih baik

Wisata tidak hanya membuat Kamu nyaman berbicara dengan orang asing, hal itu juga membuat diri kamu menjadi lebih baik. Setelah berbicara dengan orang sepanjang waktu, mengajukan atau mendapatkan pertanyaan yang sama  dan membosankan. Sehingga Kamu akan berusaha lebih cerdas dengan bicara kecil dan bagaimana mengajukan pertanyaan yang menarik sehingga orang lain akan menjadi lebih tertarik dan peduli.


Meningkatkan percaya diri

Kamu sudah berkeliling dunia. Mendaki gunung-gunung tinggi dan menakhlukkan phobia ketinggian. Menyelam di laut bebas nan indah. Menikmati kuliner khas dari berbagai daerah.  Singkatnya, Kamu  telah melakukan hal-hal yang mengagumkan. Bagaimana bisa Kamu tidak percaya diri? Bagaimana bisa Kamu tidak yakin tentang kemampuanmu sendiri? Setelah mencapai begitu banyak pencapaian, Kamu akan merasa jauh lebih percaya diri dalam kemampuanmu untuk mencapai apa pun yang kamu ingin wujudkan.


img-1571374030.jpgKeep calm and stay awesome serta mudah beradaptasi

Selama melakukan banyak perjalanan dibelahan dunia Kamu memiliki begitu banyak pengalaman berharga, pesawat yang delay berjam-jam, bus lambat, salah berbelok, penundaan jadwal lainnya, membeli makanan jalanan yang sangat tidak enak, dan masih banyak lagi. Setelah beberapa saat, Kamu belajar bagaimana beradaptasi dan membuat untuk mengubah situasi. Menghadapi hal-hal buruk tanpa terpancing amarah, namun Kamu hanya mengubah rencana dan melanjutkannya. Pengalamanmu selama melakukan sebuah perjalanan adalah hal yang paling penting dan bersejarah.

Memiliki keberanian yang tinggi

Ketika Kamu memiliki  percaya diri  yang lebih dan yakin terhadap kemampuanmu  untuk melakukan apa pun. Kamu secara tidak langsung akan mempunyai keberanian yang lebih, seperti awalnya kamu mencoba untuk mendaki atau berada di tempat ketinggian meskipun kamu memiliki phobia terhadap ketinggian. Lalu, mengapa kamu nekad melakukan hal itu? Karena keinginan dan percaya dirimu! Kamu akan memiliki tujuan hidup yang lebih baik yaitu keluar dari zona nyaman, meskipun itu sulit.

img-1571377185.jpgLebih santai dalam menjalani kehidupan

Belajar dan memaafkan kesalahan, baik itu yang dilakukan orang lain maupun oleh diri sendiri. Memaafkan dan tenang dalam menghadapi sebuah masalah akan membuat Kamu lebih santai dan rileks. Mengapa? Karena kamu bisa menghadari atau mengurangi stres karena terlalu mempedulikan sebuah kesalahan kecil. Berwisata atau berpetualang akan mengajarkan kamu cara ampuh untuk terhindari dari efek buruk stres.

Hidup lebih sehat dan seksi

Stres menyebabkan penuaan. Keceriaan dan riang serta santai  akan membuat Kamu  lebih percaya diri dan bercahaya, dan Kamu akan menua lebih lambat. Kamu akan terlihat lebih muda dan seksi.

Menjadi lebih cerdas dan kreatif

Perjalanan akan mengajarkan Kamu tentang dunia. Kamu akan belajar tentang orang, sejarah, dan budaya, serta fakta misterius tentang tempat beberapa orang hanya bisa memimpikannya. Singkat cerita, Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara kerjanya dan bagaimana orang berperilaku. Itu sesuatu yang tidak dapat dipelajari dari buku-buku; Kamu  hanya bisa mengambilnya dengan pengalaman on-the-road.

Kurang materialistik

Di perjalanan, Kamu belajar betapa sedikit hal-hal yang sebenarnya Kamu butuhkan. Kamu akan menyadari bahwa semua yang mereka tawarkan di mal hanya  omong kosong. Setelah melakukan sebuah petualangan, Kamu akan menemukan diri sederhana dan bahagia.

img-1571377238.jpgBahagia

Wisata akan mengajarkanmu bagaimana untuk menjadi bahagia. Kamu akan menjadi lebih rileks, lebih percaya diri, dan melihat dunia sebagai tempat yang lebih cerah.

Nah, setelah tahu manfaatnya, tidak ada salahnya jika Kamu merencanakan petualangan berikutnya sekarang – apakah itu seluruh dunia atau hanya wisata lokal! Yuk wujudkan impian perjalanan menakjubkanmu bersama DIRGANTARA AIA.

Komentar

  • Selasa, 22 Oktober 2019
    amilia
    bermanfaat sekali 🤣

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia