Media Visit SMK Pertelevisian se Kota Depok

Media Visit SMK Pertelevisian se Kota Depok

Jum'at, 21 Desember 2018
Admin
Media Visit  SMK Pertelevisian se Kota Depok

dirgantaraaiatravel.com | Depok | Sejak terbukanya kebebasan informasi dan teknologi media, pertumbuhan media massa dan media baru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Media komunikasi yang telah bermetamorfosis menjadi media digital itu perkembangannya semakin beragam, Maka tidak heran jika kehidupan masyarakat kita saat ini tidak bisa terpisahkan oleh kehadiran teknologi media komunikasi.

 

saat ini “media saling berlomba-lomba” dalam memberikan layanan informasi kepada konsumennya. Tingginya penetrasi media komunikasi itu dampaknya semakin sulit terkontrol. Kini konsumen tidak sekedar mendapatkan informasi, pengetahuan, dan hiburan, tetapi bisa berinteraktif langsung. Pada saat yang sama media menanamkan nilai ideologi baru berupa gaya hidup, budaya konsumerime dan model peniruan sikap dan perilaku para artis/actor tertentu yang dipopulerkan media. Maka dari itu sudah waktunya penetrasi media yang semakin gencar dan bebas harus diimbangi dengan literasi media sebagai budaya tangkal atas dampak negative media.

untuk memperkaya literasi media bagi para pelajar SMK se-Kota Depok, maka dari itu, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok mengadakan kegiatan program media visit  SMK Pertelevisian se Kota Depok untuk belajar, melihat dan kunjungan industri ke media televisi. program ini diadakan 2 kali, yaitu pada tanggal 13 Desember 2018 dengan tujuan ke MetroTV, sedangkan pada tanggal 20 Desember 2018 ke Trans7 dilanjutkan dengan menonton langsung Program Hitam Putih yang dibawakan oleh bang Deddy Colbuzier.

Program ini yang bertemakan tentang kuliner Bakso tulang punggung  dan BirRames menyajikan aneka ragam makanan diatas panggung, dan tak kalah serunya disaat salah satu perwakilan dari pelajar kota Depok yang bernama “rijal” yang disuruh maju diatas panggung  untuk ikut mencicipi makanan yang ada.

program literasi media ini bertujuan untuk memberikan wawasan luas kepada pelajar SMK akan pesatnya gempuran informasi media yang tidak di-imbangi dengan kecakapan mengkonsumsinya. Maka dibutuhkanlah budaya baru dalam mengkonsumsi media secara sehat.

Program Literasi media tentu tidak bisa berjalan dengan baik tanpa peran serta pemerintah dan masyarakat. Peran itu dapat berupa individu, komunitas, kelompok, dan budaya lokal setempat. Peran individu lebih di fokuskan pada bimbingan orang tua sebagai kepala keluarga atas konsumsi media di lingkungannya. Demikian juga pengawasan di komunitas, kelompok masyarakat tertentu yang peduli terhadap perkembangan konvergensi media, serta pemberdayaan kearifan lokal yang berkembang di komunitas masyarakat. sehingga makin bijak dalam menkonsumsi media informasi yang didapat “ungkap awaluddin.

IMG_5515.JPG

Salah satu cara untuk meningkatkan awareness media literasi bagi pelajar pertelevisian se Kota Depok adalah dengan mengadakan kegiatan media visit, sehingga pelajar makin terbuka wawasannya terhadap media.

semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutinitas, karena kegiatan memberikan pengetahuan secara langsung kepada para peserta yang mana pengetahuan ini langsung didapat dari apa yang dilihat, didengar dan dirasakan.

Bagi sekolah atau lembaga pendidikan yang berkeinginan untuk mengadakan kegiatan media visit, bisa menggunakan jasa kami agen tour wisata edukasi sekolah Dirgantara AIA Travel, yang berada di wilayah kota Depok seperti Kecamatan Beji, Kelurahan Beji, Kelurahan Beji Timur, Kelurahan Kemiri Muka, Kelurahan Pondok Cina, Kelurahan Kukusan, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Sawangan, Bedahan, Cinangka, Kedaung, Pasir Putih, Pengasihan, Sawangan (Lama), Sawangan Baru, KECAMATAN CINERE, Kelurahan Cinere, Kelurahan Gandul, Kelurahan Pengkalan Jati, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, KECAMATAN CIMANGGIS, Kelurahan Cisalak Pasar, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Tugu, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kelurahan Harjamukti, Kelurahan Curug, KECAMATAN TAPOS, Kelurahan Tapos, Kelurahan Leuinanggung, Kelurahan Sukatani, Kelurahan Sukamaju Baru, Kelurahan Jatijajar, Kelurahan Cilangkap, kelurahan cimpaeun.

Informasi program silahkan hubungi

Awaluddin Faj, M.Pd 0878.8998.3338

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia