PT KARYA KITA BANDUNG

PT KARYA KITA BANDUNG

Senin, 15 Oktober 2018
Admin
PT KARYA KITA BANDUNG

SUDAH TAHU PT KARYA KITA BANDUNG? 

Oleh: Dirgantara AIA

Sejarahnya

P.T Karya Kita telah berdiri sejak tahu 1975 yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Syaifullah Sirin Group. P.T Karya Kita mengkhususkan diri bergerak dibidang percetakan. Pada tahun 1996, lahirlah sebuah Strategic Business Unit (SBU) baru di jajaran Karya Kita bernama Grafindo Media Pratama. Karena perkembangan Grafindo cukup pesat, maka manajemen Karya Kita melebur menjadi satu dalam manajemen Grafindo. Dalam beberapa tahun saja, Grafindo berhasil merangkak naik menembus posisi puncak penerbit buku pelajaran. Pada tahun 2005, Pada tahun 2009, manajemen memutuskan untuk melakukan spin off. Perusahaan dibagi menjadi empat Strategic Business Unit (SBU) yang memiliki otonomi. Karya Kita yang bergerak di bidang percetakan, yaitu:

Ø  Grafindo Media Pratama yang bergerak di bidang penerbitan;

Ø  Karsa Mandiri Persada yang bergerak di bidang distribusi produk pendidikan dan perdagangan umum,

Ø  Sinar Nusantara Semesta yang bergerak di bidang ekspedisi atau pengiriman barang.

Ø  Salamadani yang bergerak di bidang penerbitan buku umum dan keagamaan.

Dan dalam upayanya meningkatkan kinerja perusahaan, P.T Karya Kita meningkatkan teknologinya. Salah satunya adalah mesin CTP (Computer To Plate) yang dapat meningkatkan dan mempersingkat proses produksi secara keseluruhan.

Percetakan P.T Karya Kita merupakan, percetakan terbesar di kota bandung. Mengapa demikian karena di P.T Karya Kita Menggunakan mesin serba canggih dan pembagian kerja sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing SDM. Di PT Karya Kita memiliki tahapan komponen dalam pecetakan hasil cetakannya Mulai dari Input / memeperoleh data order, Proses Editing / bagian design, dan hingga ke Komponen hasil Olehan Atau cetakan tersebut.

 

Pendirinya

Karya Kita adalah perusahaan yang lahir dari semangat kemandirian seorang H.Syaifullah Sirin yang kali pertama tercetus pada 1970. Berbekal satu unit mesin cetak handpress dan emapat orang karyawan, Syaifullah Sirin muda memulai perjuangan kemandiriannya pada kancah bisnis percetakan di kota sejuk Bandung. Perjuangan ini membuahkan hasil dari tahun ke tahun hingga memberikan kemajuan signifikan. Grafindo merupakan anak perusahaan dari suatu group penerbitan dan percetakan yaitu PT Karya Kita atau yang sering juga disebut dan dikenal dengan Karya Kita Group.

 

Perkembangan Karya Kita sebagai perusahaan percetakan melaju mengikuti deret ukur dan juga sempat mengalami pasang surut. Krisis moneter yang melanda indonesia pada tahun 1997, telah membuktikan kemampuan Karya Kita untuk bertahan dalam kondisi sulit dan malah dapat bertumbuh sedikit demi sedikit. Tidak hanya pertumbuhan dalam hal investasi, SDM, dan kemitraan, tetapi juga pertumbuhan unit - unit bisnisyang baru dalam bidang percetakan serta penerbitan sehingga mewujudkan munculnya Karya Kita Group. Hingga kini Karya Kita Group telah memiliki empat unit bisnis yang tanggguh dan diandalkan, lebih dari 800 orang karyawan, mesin mesin pracetak dan cetak berteknologi tinggi, serta cabang dan representatif di seluruh kota besar di Indonesia.

 

Produknya

Biar bagaimanapun bisnis percetakan tidak dapat dipisahkan dari produksi gagasan untuk dicetak. Karena itu, untuk mendampingi bisnis jasa ini dengan bisnis produksi maka tercetuslah gagasan menerbitkan buku. Sehingga penerbitan buku diklasifikasikan menjadi beberapa macam bagian:

1.      Buku mata pelajaran sekolah

2.      Buku populer ilmiah

3.      Buku non fiksi

4.      Buku agama

Bisnis penerbitan ternyata menjadi gagasan yang mengemuka sebagai langkah diversifikasi usaha dengan mengusung idealisme pencerdasan bangsa. Dari sinilah lahir perusahaan penerbitan yang paling diandalkan oleh Karya Kita yaitu PT Grafindo Media Pratama pada tahun 1995 . Grafindo Media Pratama bergerak dalam bidang penerbitan buku-buku teks untuk SD , SMP , dan SMA.

Dalam hal cetak mencetak, salah satu hal yang mendukung kecepatan serta percepatan Grafindo dalam memproduksi buku-buku adalah dukungan dari divisi percetakan yang memiliki mesin-mesin modern berteknologi tinggi dengan konsep one stop printing system. Di antara mesin yang dimiliki adalah

1.      Mesin cetak web colour (Harris/v-25);

2.      Mesin cetak web (Solna/D-30 tahun 1989;

3.      Mesin cetak web (Cromo MAN tahun 1997);

4.      Mesin cetak sheet colour (Mitsubishi/IF4D tahun 1997);

5.      Mesin cetak sheet clolour (Oliver Sakurai 72 dan 272 tahun 1991);

6.      Mesin cetak sheet colour (Ryobi 520 tahun 1987);

7.      Mesin cetak sheet colour (Ryobi NNP tahun 1985);

8.      Mesin jilid (TSK In-Line Perfect Binder);

9.      Mesin jilid (Yon Kuang Perfect Binder).

10.  Grafindo juga memiliki Divisi Pracetak yang dilengkapi dengan mesin-mesin pendukung, seperti

11.  Komputer Macintosh G3, G4;

12.  Mesin image setter (AGFA Avantra/2525);

13.  Mesin repro (AGFA/Repromaster 3500);

14.  Mesin scanner (Linotype Hell Topaz Screen/3240-2).

Kerja Keras dan komitmen dari seluruh karyawan dan manajemen Grafindo Media Pratama telah menghasilkan kepercayaan dari publik maupun pemerintah serta prestasi gemilang. Grafindo dalam kiprahnya mampu masuk nominasi penilaian buku teks yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia.

Stand terbaik pada Pameran Buku Bandung tahun 1998, 1999, 2000, 2001Stand terbaik pada Pameran Buku dan Pendidikan Anak tahun 2003Stand terbaik pada Indonesian Book Fair tahun 2001, 2002Cover Terbaik tahun 2001Lolos seleksi penilaian dan pengadaan buku di Timor Leste yang disponsori UNTAET tahun 2000, 2001Lolos seleksi penilaian buku matematika SD tahun 2003 yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas

Lolos seleksi penilaian buku bahasa indonesia SD tahun 2004 yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas


img-1539578937.jpg

Komentar

  • Rabu, 22 Maret 2023
    meridian
    kami ada rekomendasi jasa pencetakan terbaik di bandung kunjungi percetakan bandung

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia