Pusat Wisata Belanja Cibaduyut

Pusat Wisata Belanja Cibaduyut

Senin, 28 Oktober 2019
Admin
Pusat Wisata Belanja Cibaduyut

Oleh: Dirgantara AIA


        Jika berkunjung ke Bandung, Anda dapat menemukan banyak sekali tempat wisata yang cocok untuk segala jenis hobi. Untuk Anda yang suka menikmati wisata alam, tentu saja di Bandung ada banyak sekali pilihan tempat wisata alam yang sejuk, selain wisata alam, disana juga banyak wisata edukasi bagi anak anda, dan bagi Anda yang termasuk dalam golongan shopaholic, Bandung juga memiliki sejumlah tempat wisata belanja yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pusat Wisata Belanja Cibaduyut.

img-1572224753.jpg


Ke Bandung tidak mampir ke CIBADUYUT? NYESEL LOO...
MAU tahu sejarah Objek Wisata Belanja Cibaduyut Bandung. Yuk Baca Artikel ini


        Anda mengetahui tugu sepatu di Cibaduyut, Bandung? Tugu ini terdiri dari 1 sepatu laki-laki dan 1 sepatu perempuan, yang mencitrakan ciri khas kota cibaduyut sebagai sentra pembuatan alas kaki terbesar di Bandung dan Indonesia. Dapat kita perhatikan kekayaan intelektual dan budaya yang luar biasa pada corak masyarakat ini, hampir setiap rumah di cibaduyut menjadi produsen sepatu baik skala besar maupun kecil. Para pengrajin sepatu yang berjibaku dengan home industri sepatu tersebut secara alami menurunkan bakat dan kreativitasnya kepada generasi setelahnya.

        Pada awalnya sepatu Cibaduyut muncul pada sekitar tahun 1920 dimana sebagian warga merupakan pekerja pada pabrik sepatu di Bandung, namun akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dari pabrik tersebut. Berbekal dari penggalaman mereka bekerja pada pabrik sepatu tersebut, mereka mulai merintis usaha pembuatan dan penjualan produk alas kaki sederhana di lingkungan rumah dengan melibatkan anggota keluarga sebagai tenaga kerjanya. Semakin lama, pesanan akan sepatupun semakin berkembang. Hal ini menyebabkan mereka kewalahan dalam memenuhi permintaan pelanggan dan mulai merekrut karyawan yang merupakan tetangga atau warga sekitar dalam pembuatan usaha sepatu atau alas kaki tersebut. Situasi ini menyebabkan keterampilan dalam membuat sepatu menyebar pesat di lingkungan masyarakat di Bandung, khususnya masyarakat Cibaduyut.

img-1572224910.jpg

        Berdasarkan infomasi yang diperoleh dari para pengusaha sepatu Cibaduyut, jumlah pengrajin sepatu yang ada di Cibaduyut pada masa sebelum penjajahan Jepang tepatnya tahun 1940 ada sebanyak 89 orang. Ini merupakan dampak dari meningkatnya jumlah pesanan yang disebabkan oleh kualitas yang sangat baik dari sepatu Cibaduyut yang sangat sesuai dengan selera pembeli dimasa itu. Pada tahun 1950-an, jumlah usaha sepatu pun semakin bertambah menjadi 250 unit usaha sepatu. Banyaknya jumlah unit usaha sepatu inilah yang menyebabkan Cibaduyut dikenal sebagai sentra pembuatan sepatu terbesar di Bandung pada tahun 1978.

        Pusat perbelanjaan sepatu cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia, pada tahun 1989 pemerintah R.I meresmikan cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata. Di Cibaduyut terdapat berbagai macam barang tidak hanya sepatu tapi juga tas, jaket, aksesoris dan berbagai barang souvenir lainnya yang terbuat dari bahan kulit asli. Demikian sejarah singkat mengenai kemunculan sepatu Cibaduyut


img-1572224934.jpg




Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia