Wajib Tahu, 9 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman

Wajib Tahu, 9 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman

Jum'at, 18 Desember 2020
Admin
Wajib Tahu, 9 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman

9 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman, Menjalani bisnis bersama teman dianggap lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan menjalinnya bersama orang yang baru dikenal.

Pemahaman karakter satu sama lain bisa menjadi modal awal untuk memperkuat kerja sama tersebut. tapi Sayangnya, ada juga beberapa orang yang malah berakhir dengan permusuhan, lantaran ada selisih paham pada satu dan lain hal. kenapa itu sering terjadi?

img-1608280765.jpg

biasanya selisih paham atau tidak bisa memisahkan hubungan pribadi dengan hubungan kerja. kenapa itu hal ini harus perlu diperhatikan?

Walaupun Bisnis Bersama itu Memiliki kelebihan yang luar biasa, diantaranya saling memberikan inovasi bisnis, tidak terasa berat karena ada teamwork yang saling memotivasi, kemampuan manajerial bisa saling mengisi, hal ini akan lengkap bila partner bisnis yang memiliki perbedaan kemampuan di bidang masing-masing, sehingga hal ini akan menumbuhkan percepatan dalam bisnis yang dilakukan.

tapi jika partner Anda tidak bisa memisahkan hubungan pribadi dengan pekerjaan, ini bisa menjadi masalah untuk Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih teman sebagai mitra Anda bekerja.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisnis bersama dapat berjalan dengan lancar. Misalnya, Anda harus benar-benar mengetahui potensi teman bisnis dan juga potensi diri Anda sendiri, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan saat mengelola usaha bersama tersebut.

Berikut adalah 9 tips yang harus kamu lakukan jika ingin memulai bisnis Anda bersama teman.

img-1608280830.jpg

1. Jalin Bisnis dengan Teman yang satu Persepsi dan yang “Benar-benar Teman”

Kalau boleh diartikan, teman yang benar-benar teman itu sama dengan sahabat. Pasalnya, usaha Anda tidak akan selamanya mengalami kemudahan, dan niatkan usaha itu terus berkelanjutan, tumbuh berkembang dan bermanfaat, bukan untuk setahun – 5 tahun terus bubar.

Nah, saat usaha bersama Anda sedang mengalami ujian, loyalitas partner Anda akan diuji. Biasanya mereka yang hanya merupakan teman tidak akan segan-segan meninggalkan usaha bersama, saat dia merasa tidak ada harapan lagi dalam menjalankan bisnis yang dibangun bersama.

Sedangkan mitra bisnis yang merupakan sahabat, akan tetap loyal meskipun perusahaan sedang dilanda keterpurukan. Karena sebagai sahabat, dia yakin bahwa musibah tersebut merupakan jalan menuju kesuksesan di kemudian hari.

maka dari itu pentingya satu persepsi dan satu frekuensi agar bisnis yang dijalankan bisa lebih maksimal

2. Komitmen dan Transparansi

Bagi sebagian orang, komitmen jadi hal penting yang wajib dibahas di awal mau menjalankan bisnis bersama. Komitmen bisa dikatakan kata yang mudah diucapkan banyak orang, tapi tak sedikit pula yang dengan mudah mengingkarinya. kenapa itu sering terjadi?

Komitmen itu adalah hal penting dalam mencapai tujuan atau hal yang diharapkan, bila masing-masing partner mampu berkomitmen, insyaAllah tidak ada dusta dalam menjalin usahanya, betul? dan hal yang juga penting dari sebuah komitmen adalah transparasi.

Sikap terbuka dibutuhkan dalam usaha bersama. Keterbukaan akan menghapus kecurigaan dan memberi rasa nyaman masing-masing partner, Karena itulah Rasūlullāh s.a.w. menganjurkan umatnya untuk bersikap transparan. Transparansi asas terciptanya saling percaya antara satu dengan yang lainnya

Jangan sampai krisis kepercayaan menimpa Anda dan teman Anda, karena ini dapat menjadi risiko yang paling besar.

Transparansi dalam segala hal sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah kepercayaan di antara kalian agar nantinya kedua belah pihak bisa berlaku adil.

Terutama masalah laporan operasional mingguan, keuangan, dan bayak hal lainnya.

3. Buat Surat Kontrak Kerjasama

Sebelum memulai usaha, penting untuk membuat surat perjanjian yang berlandaskan hukum, berupa kontrak tertulis di atas kertas yang dilengkapi materai, termasuk poin soal pembagian tugas dan keuntungan.

Dengan demikian, bakal terhindar dari permasalahan sepele di masa depan. Kontrak wajib diperbarui setiap terjadi penambahan modal sebagai imbas usaha yang makin berkembang.

Di sini berlaku pepatah “bisnis adalah bisnis”, sehingga meski menjadikan teman sebagai mitra bisnis, perlu sebuah payung hukum yang memperkuat kerja sama Anda dengan teman Anda.

4. Pembagian Tugas masing-masing

Pembagian tugas serta kewajiban masing-masing pihak harus dibicarakan dan ditetapkan sebelum usaha berjalan. Semua harus jelas dan tercatat dalam kontrak kesepakatan. Apabila semua pihak ingin aktif, maka perlu susunan posisi struktural demi menentukan puncak pimpinan.

Pastikan juga Anda bekerja secara profesional, dan bedakan antara bekerja dan bermain. Bisa saja saat Anda berkumpul dengan teman, yang Anda ingin lakukan adalah curhat, berbelanja, atau pergi ke tempat kongkow bersama. Namun saat sedang dalam keperluan kerja, sebaiknya hindari kegiatan seperti itu. Ingat, Anda adalah pemilik usaha yang harus bekerja secara profesional.

Jika Anda menjalankan bisnis skala mikro dan kecil, itu tak memerlukan tenaga karyawan dalam jumlah banyak. Di sini peran pendiri harus bisa menempatkan diri sebagai karyawan sekaligus pemilik bisnis.

Prinsipnya, company is me. Saya adalah pemilik sekaligus karyawan perusahaan tersebut. Ketika usaha mulai berkembang dan punya modal lebih besar, baru boleh mempekerjakan beberapa karyawan.

img-1608280867.jpg

5. Tentukan Tujuan dan Target Usaha

Setelah Anda melihat adanya peluang usaha dan ingin membuka usaha dengan teman, Anda segera tentukan tujuan dan target penjualan serta peran masing-masing pihak.

Hal ini perlu dilakukan secepat mungkin, agar mengetahui apakah Anda dan teman Anda merupakan pasangan yang tepat untuk membuka usaha bersama. Jika ternyata Anda berdua tidak sepaham, belum terlambat untuk membatalkan. Jangan sampai persahabatan rusak gara-gara usaha yang tidak berjalan sesuai rencana.

Selain itu, sebuah usaha mustahil berkembang pesat tanpa suntikan modal usaha memadai. Kunci sukses berbisnis dengan teman yaitu menyuntik besaran modal secara transparan dan berimbang. Uang yang disetor sebagai modal harus murni investasi, bukan dana kebutuhan keluarga, sehingga terhindar dari masalah pribadi.

6. Temukan Kelebihan dari teman Bisnis anda

Membangun bisnis bukanlah hal mudah, sehingga Anda harus mengetahui kelebihan dari teman bisnis Anda sejak awal. Tujuannya agar teman bisnis Anda tidak menjadi penghalang kesuksesan usaha bersama di kemudian hari.

Kelebihan teman bisnis Anda bisa menjadi pendorong kemajuan usaha bersama yang sedang dibangun. Misalnya, teman Anda itu pintar dalam berbicara dan menyakinkan orang, sehingga bagus untuk promosi produk atau jasa dari usaha Anda.

Sebaliknya, Anda tidak boleh hanya menuntut kelebihan dari rekan bisnis Anda. Anda pun harus memiliki kelebihan untuk menunjang bisnis bersama tersebut.

7. Disiplin

Kedisiplinan dan ketegasan merupakan kunci sukses berbisnis dengan teman. Sikap tersebut harus dimiliki oleh masing-masing pihak sesuai kesepakatan bisnis yang disusun sejak awal. Dengan begitu, segala bentuk perselisihan yang memicu kehancuran bisa terhindarkan.

8. Siapakah yang Berhak Mengambil Keputusan

Ini poin paling penting. Perlu disepakati siapa yang menjadi komandan dalam bisnis yang kalian jalankan alias siapa yang berhak mengambil keputusan. Sebab jika semuanya berhak mengambil keputusan, maka perusahaan yang Anda bangun ibaratnya kapal dengan dua nakhoda.

Tipsnya, tunjuk di antara atau teman Anda, siapa yang paling menonjol bakat kepemimpinannya, atau yang paling senior dan bijaksana.

img-1608280920.jpg

9. Buang Ego Masing-masing

Menyatukan dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda tentunya akan terasa sulit. Untuk itu, buanglah ego Anda terlebih dahulu agar bisnis tersebut dapat baik sesuai dengan rencana.

Utamakan kepentingan bersama demi tercapainya tujuan bisnis Anda. Jika ide Anda dirasa memang kurang baik untuk jalannya bisnis, maka turunkanlah ego Anda dan pakailah ide yang terbaik untuk kemajuan bisnis tersebut.

Nah itulah 9 tips sukses yang bisa Anda ikuti untuk membuat kerja sama bisnis Anda dan teman Anda mampu berkembang ke arah yang semestisnya.

Namun perlu diingat, bisnis yang berkembang tentu perlu modal yang tidak sedikit juga bukan? tapi bila di pikirkan bersama-sama insyaAllah akan terasa ringan

Nah, jika Anda dan teman Anda membutuhkan pelatihan membangun bisnis mandiri, silahkan hubungi team kami saja, insyaAllah kami siap memberikan pelatihan seputar bisnis jasa maupun digital marketing (info lengkapnya hubungi: 0878-8998-3338)

https://www.youtube.com/watch?v=3YWnGc3Kaqw


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia